Kamis, 07 November 2013

Anti Petir - Arrester

Jenis-jenis metode penangkal petir

a.  Penangkal Petir Konvensional / Faraday / Frangklin
             Kedua ilmuwan tersebut Faraday dan Frangklin menjelaskan sistem yang hampir sama, yakni system penyalur arus listrik yang menghubungkan antara bagian atas bangunan dan grounding, sedangkan sistem perlindungan yang di hasilkan ujung penerima/splitzer adalah sama pada rentang 30 - 40 derajat. Perbedaannya adalah sistem yang di kembangkan Faraday bahwa kabel penghantar berada pada sisi luar bangunan dengan pertimbangan bahwa kabel penghantar juga berfungsi sebagai material penerima sambaran petir, yaitu berupa sangkar elektris atau biasa disebut dengan sangkar faraday.

b. Penangkal Petir Radio Aktif
             Penelitian terus berkembang akan sebab terjadinya petir, dan semua ilmuwan sepakat bahwa terjadinya petir karena ada muatan listrik di awan berasal dari proses ionisasi, maka untuk menggagalkan proses ionisasi dilakukan dengan cara menggunakan zat berradiasi sepertiRadiun 226 dab Ameresium 241 karena kedua bahan ini mampu menghamburkan ion radiasinya yang dapat menetralkan muatan listrik awan. Maka manfaat lain hamburan ion radiasi tersebut akan menambah muatan pada ujung finial/splitzer, bila mana awan yang bermuatan besar tidak mampu di netralkan zat radiasi kemudian menyambar maka akan cenderung mengenai penangkal petir ini. Keberadaan penangkal petir jenis ini telah dilarang pemakaiannya, berdasarkan kesepakatan internasional dengan pertimbangan mengurangi zat beradiasi di masyarakat, selain itu penangkal petir ini dianggap dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

c.  Penangkal Petir Elektrostatis
             Prinsip kerja penangkal petir elektrostatis mengadopsi sebagian system penangkal petir radio aktif, yaitu menambah muatan pada ujung finial/splitzer agar petir selalu melilih ujung ini untuk di sambar. Perbedaan dengan system radio aktif adalah jumlah energi yang dipakai. Untuk penangkal petir radio aktif muatan listrik dihasilkan dari proses hamburan zat berradiasi sedangkan pada penangkal petir elektrostatis energi listrik yang dihasilkan dari listrik awan yang menginduksi permukaan bumi.

d. Penangkal Petir Sistem Thomas
                Untuk tipe yang satu ini sangat banyak digunakan saat ini, dikarenakan fungsinya yang cukup komplit. Sistem ini bekerja dengan prinsip radius meter. Jadi penghitungannya adalah meng-cover suatu wilayah / gedung / bangunan dalam jangkauan radius beberapa meter sesuai dengan kapasitas sistem anti petir yang digunakan. Hitungan jangkauan radiusnya adalah dalam diameter lingkaran. Selain itu juga sistem ini sangat mudah dalam hal pemasangannya, sehingga sangat banyak instalatur listrik dan kontraktor listrik menyukai dan lebih menyarankan ke konsumen mereka agar memasang anti petir tipe yang satu ini, termasuk salah satunya perusahaan kami.